Deskripsi

Lebaran memang telah usai, namun selalu ada hal yang menarik untuk dibahas mengenai lebaran. Lebaran merupakan waktu dimana semua umat muslim kembali suci. Setelah satu bulan lamanya berpuasa di bulan Ramadhan, semua umat muslim pasti akan menyambut lebaran. Hari dimana Allah menghapus dosa-dosa hambanya, hari dimana semua umat saling bermaafan atas segala kesalahan yang pernah mereka lakukan.


Saat lebaran, pasti ada satu makanan yang selalu ada di meja makan umat muslim yang merayakan lebaran. Makanan itu adalah ketupat. Kehadiran ketupat ini bukan tanpa alasan. Ketupat memiliki makna di hari lebaran. Ketupat atau kupat dalam bahasa Jawa merupakan kependekan ngaku lepat yang artinya mengakui kesalahan. Jadi saat lebaran, semua umat muslim mengakui kesalahan mereka masing-masing hingga akhirnya mereka semua bermaaf-maafan.


Ada filosofi ketupat lainnya. Pertama, anyaman ketupat yang rumit menggambarkan betapa banyaknya kesalahan yang telah diperbuat selama ini. Kedua isi ketupat yang putih menandakan hati kembali bersih dan suci setelah bermaaf-maafan.


Bu Rumanti (57) adalah orang yang selalu menyediakan ketupat untuk keluarganya saat lebaran. Saat ditemui di rumahnya, beliau terlihat tegah mengisi beras di dalam anyaman ketupat. “Keluarga saya banyak mbak, jadi bikin ketupatnya banyak. Besok pasti ketupat ini sudah habis” tuturnya. Adanya ketupat di rumah beliau tidak menunggu datangnya lebaran ketupat, melainkan pada lebaran pertama ketupat itu sudah tersedia di rumahnya ditemani dengan ayam ingkung utuh. Wahhh. (ud)

Hubungi penerbit

Informasi berguna

  • Hindari penipuan dengan bertindak secara langsung atau membayar dengan PayPal
  • -
  • -
  • This site is never involved in any transaction, and does not handle payments, shipping, guarantee transactions, provide escrow services, or offer "buyer protection" or "seller certification"